Monday, September 23, 2013

Diare dan Ryer

Sejak hari Jumat sore lalu, si pak bocah yang satu ini mulai mencret dan puncaknya adalah pada hari Sabtu. Baru sebentar Ryer pup, beberapa menit kemudian pup lagi. Ini membuat kami sampai hampir kehabisan stok celana Ryer. Pupnya sering cair. Setiap saya membersihkan pantatnya, dia selalu menangis, sepertinya kesakitan, Saya menduga bahwa pupnya panas dan perih. Sekitar kelamin pun kemerahan, akhirnya saya menaburkan bedak sehabis membasuh bokongnya dan memberi sedikit baby oil.
Saat saya mampir ke depan rumah tetangga dan menceritakan apa yang Ryer alami, ibu dari Mario (Mario umurnya beda 3 hari saja dengan Ryer), memberikan tips kepada saya untuk mengatasi mencret. Beliau bilang kepada saya untuk membuat ramuan dari daun jambu biji. petik beberapa pucuk daun jambu biji, cuci sampai bersih, cuci terakhir dengan menggunakan air panas, kemudian tambahkan seperempat air matang dan di-blend sampai halus lalu saring airnya. Minumkan sari daun jambu biji tersebut kepada anak. Nah, ternyata rasanya pahit, maka saya tambahkan sedikit madu untuk mengurangi rasa pahitnya, alhasil, walau agak enggan, si Ryer pun mau meminumnya, cukup 3-4 sendok teh setiap meminumkan ke anak setiap habis mencret. Hal ini terus diulangi kalau mencret masih berlanjut sampai mencretnya reda. Papa Ryer juga tak lupa untuk membuat oralit sendiri, caranya, larutkan 1/4 sendok teh garam dan 1 sendok teh gula ke dalam 1/4 gelas air matang. Minumkan sampai habis kepada bayi. Bila oralit sudah habis, bayi bisa diberi cairan lain seperti air minum biasa, kuah sup, dll. Walaupun  Ryer banyak buang air, untungnya nafsu makan dia tidak berkurang. Dia sudah mulai makan nasi yang agak keras namun berkuah.
Saya juga memberikan susu yg lebih encer dari biasanya untuk mengurangi mencret yg Ryer alami. Oiya, sekarang Ryer minumnya susu segar (UHT), biasa pakai Diamond ataupun Greenfield.  Nah, pada hari Minggu, Ryer menunjukkan tanda-tanda pemulihan; intensitas mencret semakin berkurang, tapi saya tetap memberikan ekstrak daun jambu biji sampai malam sebelum ia tidur. Pagi Seninnya, taraaaa,,, Ryer tidak mencret lagi, Puji Tuhan. 
Diare adalah penyakit yang paling umum menyerang bayi usia 6 bulan sampai 2 tahun. Disebabkan oleh Infeksi oleh bakteri, virus atau parasit, dan faktor lainnya. Bisa terinfeksi dari makanan atau minuman yang tidak higienis, konsumsi susu formula, penggunaan anti biotik yang dapat memmbunuh bakteri baik dalam tubuh serta tangan yang sering masuk ke mulut bayi. Nah, memang Ryer baru mengkonsumsi antibiotik yang diberikan oleh dokter sewaktu dia batuk beberapa hari yang lalu serta suka memasukkan apapun ke dalam mulutnya. Mungkin itu adalah penyebabnya. Diare juga dapat sembuh dengan sendirinya seiring waktu, tapi jika bayi sudah sampai demam dan muntah, sebaiknya dibawa ke dokter.




No comments:

Post a Comment