Monday, August 26, 2013

Membuat Bokeh Berbentuk




Beberapa waktu yang lalu saya penasaran bagaiman caranya membuat cahaya bokeh berbentuk seperti yang kita inginkan. Nah, mungkin sebagian orang sudah mengerti terutama yang berkecimpung di dunia fotografi, namun bagi yang awam mungkin ingin tahu. Berikut saya akan bagikan langkah-langkahnya.

Pertama-tama, siapkan kertas atau karton yang panjang dan lebarnya disesuaikan dengan ukuran lensa kamera yang anda punya (kali ini kita pakai dulu Kamera SLR). 


Kedua, lubangi kertas atau karton tersebut sesuai dengan bentuk yang diinginkan, waktu itu saya sih mencoba membuat bentuk hati. Nah buat saja dulu polanya, kemudian potong menggunakan cutter atau alat tajam lainnya, ukurannya harus kecil, coba di range antara 0,5 – 1 cm.



Ketiga, rekatkan kertas atau karton tersebut ke lensa kamera, dan bidik kea rah objek. Carilah objek yang banyak cahayannya, saya sarankan ambil cahaya-cahaya lampu pada malam hari. 


Waktu itu sih saya malam-malam tanpa diketahui papanya Ryer, pergi ke jembatan penyeberangan, sebenarnya bahaya sih perempuan sendirian tapi demi kepuasan lahir dan bathin saya pergi saja. Dan berikut hasil yang saya dapatkan. Anda bisa encoba kreasi bentuk-bentuk bokeh lain seperti bentuk bintang, pohon natal, wajah pacar anda atau wajah anak saya juga boleh... Selamat mencoba.
bokeh asli
setelah dibentuk




No comments:

Post a Comment